Pages

Jumat, 21 September 2012

Cara Bertahan Hidup Jika Tersesat di Hutan



Bagi yang menyukai petualangan di alam dan penjelajahan hutan, resiko tersesat selalu ada. Bertahan hidup di sebuah lingkungan hutan yang asing serta liar dipasti kan butuh keahlian tersendiri yang tidak mudah.

Berikut saran agar bisa  bertahan hidup, jika tersesat di hutan atau gunung.

1. Tetap tenang
Tetap tenang dan sebisa mungkin menjauhkan pemikiran menimbulkan kepanikan adalah hal penting. Mental yang kuat kunci bagi seorang sedang tersesat, untuk dapat fokus dan berfikir jernih.

2. Amati Lingkungan sekitar
Usahakan mencari daerah lebih terbuka, atau tinggi. Ini memudahkan melihat arah matahari dan bintang, juga memudahkan pencarian jika di daerah terbuka.

Mencari aliran sungai pun bisa membantu menemukan jalan keluar, selain keperluan bertahan hidup dengan airnya.

Untuk tidur, usahakan mencari pohon  tinggi sebagai pencegahan bertemu binatang buas.

3. Perbekalan
Jika perbekalan yang dibawa terbatas, sebaiknya hemat-hematlah  mengonsumsinya, sebab  tidak akan tahu sampai berapa lama tersesat.

Jika membawa barang terbuat dari kaleng, maka gunakan  membuat bunyi-bunyian atau pemantulan cahaya.

4. Tinggalkan jejak
Saat tersesat, memudahkan tim pencari menemukan, dengan meninggalkan jejak. Bisa berupa ranting-ranting yang dipatahkan, atau batang pohon digores, atau gunakan apapun sekreatif Anda.

5. Berdoa dan Jangan Menyerah
Ini hal yang harus selalu dilakukan. Sebab semangat  kuat akan membuat tubuh menjadi kuat pula untuk menemukan jalan keluar. Banyak keajaiban yang bisa terjadi berkat doa dan semangat kuat.



Sumber : http://www.catatansitusku.com/2012/05/cara-bertahan-hidup-jika-tersesat-di.html

0 komentar:

Posting Komentar