Pages

Kamis, 02 Agustus 2012

Manfaat dan Kekurangan Pemuaian

Manfaat Pemuaian :
1)      Pemasangan jembatan pada ujung-ujung jembatan diberi roda-roda agar pada saat pemuaian tidak terhalang oleh dinding penopang dan pemasangan kabel listrik dibuat kendur agar pada saat terjadi pemuaian kabel tidak putus.
2)      Sikring di rumah, kalau ada korslting, sikring akan turun, karena ada muatan panas berlebihan, maka akan mendorong tuas off. Pengatur suhu, dia akan off jika suhu yang diminta sudah terpenuhi.
3)      Pemasangan shell baja pada core baja pada roll aluminium continuous caster, diameter dalam shell baja lebih kecil dari diameter core baja, sehingga untuk memasukannya shell baja dipanaskan terlebih dahulu agar memuai dan diameter dalam shell menjadi lebih besar dari diameter luar core, sehingga shell bisa masuk ke corenya. Setelah didinginkan terjadi penyusutan karena diameter shell lebih kecil maka shell tersebut tidak bisa lepas lagi.
Kekurangan Pemuaian :
1)      Meledaknya ban kendaraan bermotor  karena terlalu panas dan pemuaian melebihi batas pemuaian.
2)      Pemasangan kabel-kabel listrik/telepon, selalu menggelantung tidak tegang, karena menjaga pemuaian kalau siang hari/panas, sehingga terjadi pemborosan pemakaian.
3)      Pada konstruksi sambungan rel kereta api menyebabkan rel bengkok. Harus ada celah agar kalau terjadi pemuaian rel tidak bengkok, demikian juga pada konstruksi sambungan jembatan beton akan menyebabkan keretakan, harus ada celah antar sambungan.
4)      Pada dunia otomotif pemuaian dapat menyebabkan clearance atau kelonggaran antar bagian mesin jadi menympit, mesin jadi panas, diperlukan pendingin mesin/radiator yang baik dan kualitas oli pelumas oli yang baik atau jenis multi grade.
5)      Ram atau jendela yang terbuat dari besi, kita mesti sediakan celah agar apabila memuai, besi itu tidak bengkok atau merusak lis.



Sumber : http://www.scribd.com/doc/83740592/KEUNTUNGAN-KERUGIAN-PEMUAIAN

0 komentar:

Posting Komentar