Pages

Kamis, 28 Juni 2012

Manfaat Terumbu Karang

Terumbu karang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan ekosistem laut maupun kehidupan manusia. Bagi kehidupan ekosistem laut, terumbu karang memiliki manfaat sebagai teman hidup dan berlindung beragam hewan laut, seperti ikan kerapu, ikan baronang, kepiting, udang, ubur-ubur, dan lain-lain. Terumbu karang juga menjadi tempat berlindung hewan-hewan yang hamper punah, seperti kima raksasa dan penyu laut. 

Hewan karang mencari makan di sekitar terumbu karang. Makanan mereka adalah udang kecil, jentik-jentik dan plankton hewani. Plankton adalah hewan atau tumbuhan bersel satu yang ukurannya sangat kecil. 

Bagi kehidupan manusia , terumbu karang bermanfaat sebagai pelindung pantai dari kerusakan yang disebabkan oleh gelombang atau ombak laut sehingga manusia dapat hidup di daerah dekat pantai. Manusia juga dapat menangkap hewan-hewan laut yang hidup di terumbu karang. Mereka sumber protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Manusia dapat menjadikan terumbu karang sebagai objek penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Manusia juga dapat memperoleh bahan dasar untuk pembuatan obat yang dapat menyembuhkan beragam penyakit, seperti kanker dan kerapuhan tulang. 

Keindahan terumbu karang juga bias dijadikan objek wisata bahari yang menarik. Wisatawan yang dating melihat terumbu karang tentu akan memberikan penghasilan bagi penduduk sekitar dan devisa Negara.

0 komentar:

Posting Komentar